koni-pusat-dorong-pembinaan-olahraga-prestasi-secara-akuntabel-1

VIVA   – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) menerapkan webinar berjudul ‘Akuntabilitas Pengelolaan Dana Hibah Keolahragaan pada Daerah dan Problematikanya’. Webinar tersebut digelar dengan tujuan menambah wawasan terkait pengelolaan dana hibah agar transparan dan akuntabel.  

Harapannya, supaya seluruh organisasi pembinaan organisasi pembinaan olahraga prestasi anggota KONI dapat melaksanakan program dengan dapat dipertanggungjawabkan dengan elok sehingga bisa mencetak atlet berprestasi kebanggan Indonesia.  

Peran pola pembinaan olahraga prestasi sangat penting dalam memasyarakatkan olahraga hingga mencetak atlet berprestasi. Atlet-atlet juara lahir dibanding program pembinaan prestasi yang berjenjang, terstruktur dan membenang.  

Organisasi pembinaan olahraga prestasi tingkat daerah serta nasional beruntung mendapatkan sokongan pemerintah. Selain itu, pemerintah daerah juga harus terkebat dalam menjalankan program pembinaan olahraga prestasi.

Pemerintah dalam hal itu Kementerian Pemuda dan Gerak (Kemenpora) memberikan dukungan menggunakan Program Peningkatan Prestasi Gerak (PPON) sesuai Keppres No. 95/2017 & pasal 67 UU No. 3/2005 mengenai Sistem Keolahragaan Nasional (SKN). Sedangkan, pemerintah daerah memberikan dukungan melalui dana pemberian.

Oleh karenanya, Ketua Umum KONI Pusat mengimbau agar dukungan negeri dijawab dengan pengelolaan yang dapat dipertanggungjawabkan. Dengan sejenis, pemerintah akan memberikan pertolongan yang lebih baik pada pembinaan olahraga prestasi sehingga Indonesia memiliki banyak atlet juara yang mempersembahkan bintang.

Related Posts