Rosie Ruiz, Katherine White, Edward J. King

VIVA   –  Seorang wanita bernama Rosie Ruiz mengguncang Boston Marathon 1980.   Kecurangannya di dalam perlombaan telah membuat geger dunia atletik saat itu, dan telah terbingkai di skandal olahraga terbesar yang pernah ada dalam cerita.

Skandal tersebut terjadi tepatnya pada 21 April 1980. Bagi wasit di garis finis, Rosie Ruiz tampak seperti olahragawan paling fit yang sudah berlari di Boston Marathon.

Pelari asal Kuba  itu menempati susunan pertama  dalam waktu dengan hampir mencapai rekor negeri. Dia finis dengan daftar waktu 2 jam, 31 menit dan 56 denyut.  

Itu menjadi zaman tercepat ketiga yang pernah dicatat oleh seorang pelari wanita dalam perlombaan marathon. Bahkan, catatan itu 20 menit lebih cepat sebab apa yang ia torehkan sebelumnya di New York Marathon.  

Ruiz membuat kemenangan maraton terlihat mudah. Dan yang bertambah mengesankan, ketika para juri menobatkannya sebagai pemenang, tempat hampir tidak berkeringat.  

Menurut laporan Massachusetts History , zaman Rosie Ruiz memasuki tuntutan finis, rambutnya masih tertib dengan sempurna, dan wajahnya hampir tidak memerah sesudah berlari sejauh 26 mil, atau sekitar 41 kilometer.

Kecurigaan tiba muncul ketika peserta yang lain merasa tidak melihat Ruiz sama sekali saat perlombaan. Selain itu, tanda-tanda langka bermunculan.

Related Posts