Jelang Lanjutan IBL, Bima Perkasa Tambah Materi Latihan

VIVA â€“ Jelang digulirkannya kembali kompetisi Indonesian Basketball League (IBL) pada September 2020 mendatang, Bank BPD DIY Bima Perkasa melakukan sejumlah persiapan intensif. Dalam waktu dekat, tim pelatih akan mengumpulkan para pemain untuk menambah materi latihan.

Anggota tim pelatih Bima Perkasa, Dewanta Aji Putra menyebut jika materi latihan tambahan akan digenjot untuk persiapan kompetisi lanjutan IBL musim 2020. Materi tambahan yang diberikan, sambung Aji, di antaranya adalah feeling ball dan shooting.

Aji menilai dua materi itu penting untuk diberikan agar sentuhan para pemain Bank BPD DIY Bima Perkasa bisa kembali seperti sebelum kompetisi dihentikan karena pandemi virus corona COVID-19.

“Selain workout untuk membentuk otot dan menguatkan cardio, bakal ada penambahan materi menggunakan bola dan sasaran (ring) supaya sentuhan anak-anak tidak hilang. Yang penting anak-anak dalam kondisi sehat dan ketika IBL dilanjutkan kondisi mereka siap,” kata Aji, Rabu 1 Juli 2020.

Aji mengapresiasi para pemain yang tetap berlatih mandiri dan menjaga kondisi fisik selama kompetisi dihentikan.

“Kami di tim pelatih terus memantau kondisi mereka (pemain) sebelum, saat, dan usai menjalankan latihan mandiri. Para pemain wajib melaporkan aktivitas latihan setiap harinya lewat video,” kata Aji.

Aji menuturkan jika tim pelatih tetap memberikan materi latihan pada pemain saat kompetisi terhenti. Materi latihan sengaja dibuat bervariasi agar para pemain tak jenuh saat melakukan latihan mandiri.

“Kami bikin variasi menu latihan dengan tujuan agar pemain tak jenuh. Menu latihan Senin, Rabu, dan Jumat berfokus pada pembentukan otot. Selasa dan Kamis melakukan latihan cardio dengan jogging, sepeda, atau renang,” ungkap Aji.

“Khusus Sabtu diadakan workout live melalui aplikasi zoom, jadi semua pemain dan tim pelatih bisa memantau kondisi dan berkomunikasi dengan hangat setelah lama tidak bertemu. Ada variasi juga biar pemain tidak jenuh,” imbuh Aji.

Baca juga:
Memanfaatkan Momentum IBL 2020 Tanpa Pemain Asing
Pemain Asing IBL 2020 Paham Situasi Sulit Usai Hantaman Virus Corona

Related Posts